AYO! Diskusi Toko Online

DiskusiTokoOnline.com adalah media sharing semua hal tentang Toko Online. Silahkan mendaftar atau login terlebih dahulu untuk mulai berdiskusi.

Login dengan:

In this Discussion

Home » Tutorial Toko Online
Diskusi Toko Online #6 hadir kembali di Malang. Dengan tema “JAGO COPYWRITING, JAGO CLOSING, BANYAK UANG MASUK REKENING”. Kunjungi link untuk mendaftar sekarang: http://bit.ly/distokon6
Laporkan segala bentuk penyimpangan forum, untuk segera ditindak lanjuti. Dengan mention @admin
Beda Antara Google Webmaster dan Google Analytics
  • Banyak sekali yang bertanya pada saya mengenai apa perbedaan antara Google Webmasters Tools dengan Google Analytics. Kedua fitur ini dianggap sama. Padahal, ada beberapa perbedaan signifikan di antara keduanya. Oleh karenanya, kali ini saya akan mencoba menjelaskan beberapa perbedaan dari segi fungsi dan fitur-fitur yang disediakan dari kedua alat yang bukan main manfaatnya bagi website anda.

    1.GoogleWebmastersTools

    Di dalam Google Webmasters Tools terdapat banyak fitur yang dapat digunakan untuk  melakukan beberapa maintenance terhadap website Anda. Seperti: Bagaimana search engine melihat web Anda, Apakah upaya SEO anda sudah benar, Apakah website anda sudah aman dari malware, dan berbagai macam performa website, semisal dari sisi server. Beberapa fitur yang terdapat di dalam Google Webmaster di antaranya:

    Crawling
    Istilah crawl sendiri merupakan sebutan dari tingkah laku mesin pencari ketika membaca konten website anda. Jadi melalui fitur Crawling, anda dapat mengatur bagaimana Google melakukan crawl terhadap website anda. Di sini anda dapat memberikan informasi kepada Google mengenai halaman mana yang  boleh/tidak boleh dimasukkan dalam daftar pencarian Google.

    Links
    Melalui fitur ini, anda bisa mendapatkan informasi mengenai jumlah link internal dan eksternal yang anda pasang dan apakah di antaranya ada link-link broken yang harus segera diganti / diperbaiki.

    Configuration
    Configuration mampu memberi informasi penting seputar website Anda seperti sitemaps, target pengunjung, dan setting URL. Semuanya sangat erat kaitannya dengan upaya SEO anda.

    Diagnostic problems
    Webmaster Tools mampu mengirimkan pemberitahuan jika website Anda terindikasi oleh infeksi malware. Di sini, anda bisa mendapatkan informasi mengenai apa-apa saja yang perlu diperbaiki pada website Anda agar situs Anda tidak diblokir oleh Google. Selain itu, dia juga dapat menunjukkan kesalahan HTML seperti duplicate meta, long description meta, dan lain – lain.

    2.GoogleAnalytics

    Google Analytic sama seperti Google Webmaster Tools. Sama – sama gratis. Namun jika menyangkut fungsi, dia benar-benar jauh berbeda. Google Analytic mampu memberikan informasi tentang kebiasaan dari pengunjung website Anda. Informasi ini berguna untuk menentukan langkah apa yang harus Anda ambil selanjutnya. Misalnya membuat rencana promosi, rancangan tampilan website anda, dlsb. Beberapa fitur Google Analytics di antaranya:

    Visitors
    Melalui menu Visitor, anda bisa mendapatkan informasi dengan lebih detail tentang berapa banyak pengunjung dalam sehari, jumlah pengunjung unique, jumlah pengunjung bounce (pengunjung yang datang lalu pergi), dlsb. Anda juga bisa mendapatkan data dari mana pengunjung yang datang ke website Anda.

    Traffic
    Anda bisa mengukur kata kunci apa saja yang paling banyak mendatangkan pengunjung. Kemudian membuat strategi yang diperlukan. Misal jika membuat sebuah promo, dengan fitur ini kita bisa menganalisa seberapa efektif promo yang kita lakukan.

    Habbit
    Di sini, anda bisa mengamati kebiasaan pengunjung website Anda. Misalnya ketika ada pengunjung yang masuk ke salah satu halaman website Anda, maka pengunjung tersebut akan membuka halaman apa lagi? Lalu pada hari atau jam – jam berapa traffic website Anda akan meningkat. Saya rasa, di sini anda sudah terbayang kegunaan apa saja yang dapat anda lakukan dengan fitur ini.

    In-Page
    Di sini, Anda dapat mengetahui berapa prosentase halaman dari website yang sering dibuka dan berapa prosentase link yang diklik. Hal ini sangat berguna dalam membuat content yang friendly agar pengunjung yang datang ke website anda bisa terarah sesuai yang diinginkan. FYI, saat ini sudah ada fitur live report di dalamnya. Jadi Anda bisa mengetahui pengunjung website Anda secara real time.

    Nah itulah beberapa perbedaan fungsi dari Google Webmasters Tools dengan Google Analytics. 

  • 7 Comments sorted by
  • Wah, saya baru tahu ini...
    Terima kasih ,,apakah karena saya tidak setting google analytic dan google websmaternya berpengaruh pada SEO saya?
  • Sebenarnya tidak berpengaruh secara langsung, tetapi lebih ke memberikan warning kepada kita kalau-kalau ada yang error / tidak sesuai standart google pada website kita.
  • selamat malam,.

    sekedar menambah contoh mungkin ya,
    google analytics mgkn lebih mirip dengan histats ya?
    jadi dia bisa menganalisa ramai atau tidaknya website kita,
    namun sepertinya google analytics lebih powerfull ya, realtime nya oke punya,
    eh jadi bisa ketahuan deh web kita terakses sebesar apa,
    wah mantap bgt tuh,

    dunia semakin seru nampaknya,
    sungguh beruntung jika kita bisa memanfaatkan fitur2 seperti ini apalagi bisa meningkatkan entrepreneur online kita, sihaaaa


    salam,.
    image
  • Benar sekali pak, google analytics lebih powerfull.
  • apakah google analytic itu gratis??
    liat ketentuannya gratis sampai 10juta hit/bulan 
    mohon penjelasannaya
  • Halo Pak Unetz,

    Untuk Google Analytics tersebut gratis pak, hanya dengan mendaftar menggunakan account gmail.com.
    Sedangkan yang berbayar adalah Google Adwords pak. :)
  • English Muffin Pizza



    mso-ascii-theme-font:minor-latin;mso-fareast-font-family:"Times New Roman";
    mso-fareast-theme-font:minor-fareast;mso-hansi-theme-font:minor-latin;
    mso-bidi-font-family:"Times New Roman";mso-bidi-theme-font:minor-bidi;
    mso-ansi-language:EN-GB;mso-fareast-language:EN-GB;mso-bidi-language:AR-SA">http://englishmuffinpizza.net/