AYO! Diskusi Toko Online

DiskusiTokoOnline.com adalah media sharing semua hal tentang Toko Online. Silahkan mendaftar atau login terlebih dahulu untuk mulai berdiskusi.

Login dengan:
Home » Diskusi Marketing
Diskusi Toko Online #6 hadir kembali di Malang. Dengan tema “JAGO COPYWRITING, JAGO CLOSING, BANYAK UANG MASUK REKENING”. Kunjungi link untuk mendaftar sekarang: http://bit.ly/distokon6
Laporkan segala bentuk penyimpangan forum, untuk segera ditindak lanjuti. Dengan mention @admin
5 Startegi Marketing Jitu untuk Toko Online
  • image

    Hai para member diskusitokoonline, kali ini  kita akan membahas tentang strategi marketing yang tepat untuk toko online. Jika kamu salah satu yang termasuk memiliki toko online, maka teknik marketing sangatlah diperlukan untuk memasarkan produkmu agar bisa dikenal lebih luas. Nah kali ini saya akan membagikan 5 tips jitu strategi marketing untuk pemula. “Branding” atau mempromosikan merek. Setiap produk sudah pasti memiliki brandingnya sendiri-sendiri. Apapun brandingnya, itu adalah salah satu cara atau tindakan untuk memajukan sebuah brand. Dalam e-commerce ada beberapa trik yang dapat digunakan untuk meningkatkan brand produk.

    1. Logo
    Seorang pengusaha sering menghabiskan waktu mereka untuk bekerja pada cara penjualan, sumber produk yang akan dijual, serta belajar dalam masalah pemasaran sebelum mereka meluncurkan sebuah website. Tetapi kebanyakan pengusaha tidak menempatkan banyak waktu pada pembuatan logo mereka. Memang benar logo dapat diubah sewaktu-waktu akan tetapi logo sangat penting untuk menonjolkan desain website Anda. Logo yang menarik akan sangat mudah dikenal dan diingat oleh pelanggan.

    2. Tempatkan logo Anda di semua media
    Pernah melihat bagaimana merek besar menempatkan logo mereka? Truk, seragam karyawan, kotak, label, faktur, dll. Alasan mereka sederhana: “Semakin kita sering melihat sesuatu, maka akan menjadi semakin akrab dan dipercaya”. Maka dari itu, Anda harus menempatkan logo anda pada:

    a. Semua kemasan dan kotak.

    b. Setiap dokumen cetak (faktur, slips packing, kartu survei, kebijkan pengembalian, dll).

    c. Sebagai watermark pada semua gambar produk Anda.

    d. Sebagai watermark untuk setiap PDF atau dokumen lain.

    Ini adalah hal yang sederhana untuk watermark gambar produk dalam jumlah besar.

    3. Jual Merchandise Branded di Situs Anda
    Ketika orang melihat t-shirt atau topi dengan logo dan bermerek dijual di website Anda, persepsi mereka tentang perusahaan Anda kemungkinan akan berubah. Hal ini karena biasanya konsumen tidak melihat perusahaan yang menjual barang-barang bermerek kecuali perusahaan-perusahaan yang populer. Aturan pemasaran: Dengan menjual barang bermerek di website Anda, memberikan kesan bahwa Anda punya merek yang populer dan terkenal.

    4. Kirimi pelanggan Anda sticker, pens, magnet, dll
    Pernah mendapatkan item dalam surat dan terkejut ketika mendapatkan sticker yang keren didalamnya? Sticker, Magnet ataupun pena, note yang bermerek dihargai oleh konsumen. Terlebih lagi, tebak apa yang terjadi ketika Anda mengirimi pelanggan pena atupun magnet? Setiap kali mereka menggunakannya, mereka berpikir tentang perusahaan Anda. Semakin mereka berpikir tentang perusahaan Anda, semakin membuat mereka lebih akrab dan percaya terhadap perusahaan Anda.

    5. Ikut berkontribusi dalam kelompok tertentu
    Salah satu cara terbaik bagi merek untuk terus tumbuh adalah dengan mengidentifikasi diri sendiri dengan brand yang paling kuat. Sementara itu biasanya terbaik untuk menjauh dari polarizing brands (seperti afiliasi politik dan mungkin agama), yang meninggalkan banyak pilihan:

    Anda dapat mendukung kegiatan amal atau non-profit dengan menjadi sponsor. Anda dapat melibatkan pelanggan dalam dukungan Anda menyumbangkan sebagian hasil dari setiap penjualan untuk kelompok yang Anda sponsori. Kuncinya tentu saja adalah untuk menjadi otentik. Sebelum Anda menampilkan logo amal pada homepage, adalah ide yang baik untuk mempelajari sebanyak mungkin tentang kelompok yang Anda bisa.

    Jika sudah mengerti tentang marketing, Anda tinggal melakukan action untuk memasarkan produk anda baik itu melalui media sosial maupun toko online wordpress, blogspot, bahkan menggunakan jasa pembuatan toko online profesional sekalipun. Ini hanya awal. Jika Anda benar-benar ingin membangun sebuah merek yang hebat, Anda perlu mempelajari perusahaan terkemuka dalam industri tertentu dan melihat apa yang dapat Anda duplikasi. Ini tidak berarti Anda harus mengikuti apa yang dilakukan orang lain, tapi mengikuti jejak mereka adalah ide yang baik.

    Nah itu dia beberapa ulasan mengenai tips strategi marketing yang tentunya bisa langsung kamu coba agar hasil penjualan produkmu meningkat. Jika memiliki tips yang lain, silahkan tambahkan di kolom komentar. Selamat Mencoba!