AYO! Diskusi Toko Online

DiskusiTokoOnline.com adalah media sharing semua hal tentang Toko Online. Silahkan mendaftar atau login terlebih dahulu untuk mulai berdiskusi.

Login dengan:
Home » Diskusi Teknis
Diskusi Toko Online #6 hadir kembali di Malang. Dengan tema “JAGO COPYWRITING, JAGO CLOSING, BANYAK UANG MASUK REKENING”. Kunjungi link untuk mendaftar sekarang: http://bit.ly/distokon6
Laporkan segala bentuk penyimpangan forum, untuk segera ditindak lanjuti. Dengan mention @admin
Ini Dia Mengapa Komunikasi Bagi E-Commerce Sangat Penting



  • effective-communication



    Hai para pembaca, kali ini saya akan membagikan tips bagi
    pemilik e-commerce atau toko online tentang pentingnya komunikasi antara
    pemilik e-commerce dengan pelanggan. Seberapa pentingkah hal itu? tentu
    saja sangat penting. Mari kita cermati artikel di bawah ini.

    Produk oke, layanan oke, rencana untuk launching produk oke,
    pengetahuan tentang bisnis onlinepun sudah oke. Lantas, apakah sudah
    bisa disebut siap tempur?


    Belum, sebab kamu harus mengisi amunisi strategi komunikasi dan pemasaranmu yang mungkin masih bolong.




    CRM Sosial.


    CRM Sosial merupakan salah satu alat yang akan sangat membantumu
    dalam menjalankan e-commerce saat ini. Terlebih lagi di zaman yang serba
    teknologi sekarang, ketika kamu bahkan sedetikpun bisa melewatkan
    banyak sekali informasi, CRM Sosial merupakan perangkat yang tepat jika
    kamu tidak ingin melewatkan momen-moen dengan pelanggan. Dengan
    menghubungkan perangkat ini ke strategi e-commercemu, kamu bisa dengan
    mudah membuka dialog dan menerima respon dari pelanggan, untuk tetap
    dijadikan acuan bisnis.




    Live Chat


    Satu metode yang patut dicoba dalam rangka memperkuat ikatanmu dengan
    consumer adalah Live Chat. Metode ini memang sedikit sulit, mengingat
    kegiatannya menyita waktu, belum lagi jika waktu di aderah pelanggan
    berbeda dengan daerahmu. Kemudian membutuhkan koneksi yang kuat pula,
    sehingga Live Chat bisa berjalan tanpa putus-putus. Walaupun begitu,
    melakukan Live Chat dengan pelanggan merupakan cara unik yang sekaligus
    bisa memberikan pengalaman berbelanja yang abru bagi mereka, Disana kamu
    dapat mengobrol secara langsung, menjawab pertanyaan dan keluhan, juga
    kritik saran layaknya berdialog. Hubungan yang seperti ini dapat membuat
    pelanggan betah, dan pastinya kan lebih merasa dekat terhadap
    produk-produkmu.



    FAQ dan Contac Us


    FAQ dan Hubungi Kami adalah 2 menu yang harus ada, dalam rangka
    mengantisipasi pertanyaan-pertanyaan yang mungkin muncul dari pelanggan.
    Perusahaan harus bisa mendeteksi, kira-kira pertanyaan yang seperti apa
    yang akan diutarakan oleh pelanggan, kemudian meletakkan jawabannya di
    FAQ situs. Bersamaan dengan itu, letakkan juga pilihan Hubungi Kami,
    menu ini bertujuan untuk membangun jalan bagi pelanggan jikalau
    pertanyaan mereka belum terjawabkan semua di FAQ. Sediakan juga kontak
    email yang bisa dihubungi. Pastikan bahwa pelanggan direspon atas setiap
    email yang dikirimkan dengan memberi balasan otomatis (idealnya dalam
    24 jam). Ketika pelanggan merasa diprioritaskan, dan dimudahkan jalannya
    dalam berkonsultasi dengan perusahaan, maka akan sangat membantu
    menaikkan citra positif di mata mereka. Bahkan dapat mengantarkan mereka
    menjadi pembeli berulang.


    Follow-up melalui Email


    Ketika pelanggan tetiba meninggalkan keranjang belanjanya, dan urung
    melakukan pembayaran, maka follow-up melalui email merupakan respon yang
    patut dicoba. Ini adalah bagian terbenting dari CRM sosial, yaitu
    bagaimana mensetting konfirmasi kepada pelanggan tanpa membuat mereka
    merasa tidak nyaman. Daripada email yang berisi seprti wawancara, lebih
    baik jika kamu menggunakan email yang berisi pendapat mereka mengenai
    pengalaman belanja yang didapatkan. Jika mereka bersedia menuliskannya,
    maka kamu bisa memberikan kupon potongan harga kepada mereka. Dengan
    ini, pelanggan merasa dikenali dan dihargai setiap keputusannya.

    Informasi yang kamu dapatkan dari pelanggan merupakan sesuatu yang
    sangat berharga, untuk tetap terus kamu jaga dan usahakan. Kamu tak akan
    benar tahu apa kelebihan dan kekurangan perusahaanmu, jika tak
    meluangkan waktu untuk mendengar suara mereka. Terlebih jika pelangganmu
    sampai meninggalkan keranjang belanjanya, dan kamu berhasil mencari
    tahu alsannya, maka kamu akan bisa mempersiapkan dengan lebih baik
    strategi yang tepat baik untuk menghindari hal serupa, atau untuk
    menanggapinya.

    Pada akhirnya, bagaimana kamu mengkomunikasikan produk dan brandmu
    adalah hal yang terpenting. Strategi dan perencanaan bisnis matang
    sekalipun, jika tidak terhantarkan dengan baik kepada pelanggan, maka
    saja saja kamu hanya berjalan dengan satu kaki.

    Itulah tips yang
    bisa saya bagikan kali ini tentang pentingnya komunikasi bagi
    e-commerce. Ternyata sangat penting membangun e-commerce dengan
    konsumen. Kalau kamu masih pemula dan ingin memiliki toko online sendiri
    dengan fitur yang handal, kamu bisa mencoba Jasa Pembuatan Toko Online dengan Jejualan.com Aman, Mudah & Terpercaya. Jika ada tips lain silahkan bagikan melalui kolom komentar ya. Selamat Mencoba!